Monday, July 06, 2009

Beberapa Pandangan Setelah Membaca Buku " Membangun Konsensus".

Saya mendapatkan buku "Membangun Konsensus",buku yang memuat Pemikiran dan Praktik Politik Akbar Tanjung,setelah saya ikut memanfaatkan fasilitas Face Book. Didalam FB itu sering terjadi sharing pendapat antara sesama anggotanya. Dalam rangka itulah Saudara Akbar Tandjung,mengirimkan saya dua buah buku. Untuk tahap ini saya akan menyampaikan beberapa pendapat saya tentang buku itu,karena telah selesai saya baca keseluruhannya. Buku yang satu lagi akan saya komentari,setelah selesai saya baca,saat ini sedang saya baca. Saya akan mengutip beberapa pendapat dari tokoh tentang Akbar Tanjung,dan pendapat itu saya setujui sepenuhnya,sedang pendapat beberapa tokoh lain,saya kesampingkan,karena kurang berkenaan dihati saya,tentu saja hal ini menjadi hak azasi saya sepenuhnya,dan juga tidak berarti pendapat yg kurang cocok dgn saya,lalu salah,sama sekali tidak demikian halnya.
1.Dr. Binsar Sianipar,Cendekiawan Protestan: Akbar Tanjung adalah sosok pemimpin yg bisa diterima di kalangan Kristen-Protestant,karena pandangan dan tindakan politiknya yang inklusif.
2.Prof. Franz Magnis-Suseno,Rohaniawan Katholik: Akbar Tanjung adalah orang yang berlatar belakang HMI,tapi juga seorang nasionalis dan terbuka untuk orang-orang Katolik.
3.Prof.R.William Liddle,Indonesianis,Guru Besar di Ohio University: Saya kira figur Akbar adalah politikus yang sangat akseptabel dan lincah dalam bermain politik. Dia bisa berembuk dengan siapa saja.
4.Prof.Nurcholish Madjid,Rektor Universitas Paramadina: Banyak orang mengatakan Akbar itu lemah karena selalu mencari jalan tengah. Tapi bisa juga dibalik,mungkin itu justru kekuatannya,karena dia itu halus,berakhlak mulia,penyayang,dan punya integritas moral.
Keempat pendapat inilah yang paling cocok dengan kesan saya,selama mengikuti karier Akbar Tandjung,baik melalui media,maupun yang pernah saya saksikan sendiri tatkala dia menjadi Ketua Umum PB HMI,bersama-sama dengan Pimpinan GMKI,PMKRI,GMNI dan PMII,mencetuskan Kesepakatan Cipayung.
Semoga hari-hari mendatang,karier anda makin baik.
Ir.Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home