Thursday, April 01, 2010

Bapak MSM Sinaga,Bupati Taput 2 periode,Yang Saya Kenal.

Ada perasaan bersalah dalam diri saya,kalau tidak menuliskan sesuatu dalam blog saya ini, tentang Amang MSM Sinaga,Kolonel (Purn),Bupati Tapanuli Utara,dua periode,dari tahun 1968-1979,termasuk didalamnya pejabat sementara selama setahun. Kenapa ada perasaan bersalah ? Karena beliau adalah Mertua Saya. Kok menuliskan kesan kepada orang lain,bersedia,kenapa kepada keluarga tidak berkenaan ? Tentu saja,ada pertimbangan subjektif,takut dikatakan orang sebagai KKN ? Namun beliau sudah lama tidak menjabat,dan sudah meninggal pula pada tanggal 28 Mei 2000,dalam usia 76 tahun. Dan saya menilai beliau termasuk pejabat publik yang merakyat,karena baik pada saat menjabat,maupun tidak menjabat,selalu aktif dalam urusan adat dan Pembangunan Gereja. Beliau pernah sebagai Ketua PPTSB(Punguan Toga Sinaga) se Indonesia,dan juga membangun Gereja HKBP Eben Eizer di Ambarita Samosir dan Gereja HKBP di Sinagauruk Samosir.
Pada masa beliau menjadi Bupati KDH Tapanuli Utara,Kabupaten Tapanuli Utara,masih meliputi Kabupaten Taput yg sekarang,Kabupaten Humbang Hasundutan,Kabupaten Tobasa dan Kabupaten Samosir. Sebelumnya beliau bertugas di Kodam Bukit Barisan sebagai Wakil Asisten Personalia,dengan pangkat Mayor. Begitu diangkat menjadi Bupati,pangkatnya dinaikkan menjadi Letnan Kolonel,dan pada periode kedua pangkatnya dinaikkan menjadi Kolonel. Setelah pensiun dari jabatan Bupati,beliau sempat dikaryakan menjadi Staf Ahli di Departemen Sosial,dan sekali gus menjadi Wakil Ketua Yayasan Universitas HKBP Nomensen. Dihari tuanya,beliau juga menjadi Komisaris Utama PT Silintong Hotel di Tuktuk Siadong Ambarita Samosir.
Secara pribadi saya mengenal beliau dari dekat,setelah Tuhan menjodohkan saya dengan putri pertamanya Martha Sinaga,yg saya nikahi tanggal 14 April 1975 di Tarutung. Sebagaimana lazimnya seorang tentara,beliaupun termasuk yg disiplin,gigih dalam menjalani kehidupan,dan sangat penyayang kepada putra-putrinya. Banyak pelajaran hidup yg kami terima dari beliau.
Ir.Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home