Friday, February 23, 2007

Kunjungan kerja ke Swiss.

Pada tahun 1978 saya masih bertugas sebagai Kepala Transmissi dan Gardu Induk Surabaya Selatan di PLN Wilayah Jawa Timur.Untuk pertama kalinya saya mendapat kesempatan untuk bepergian ke luar negeri,tepatnya ke negara Swiss.Tujuan pergi ke Swiss adalah dalam rangka mengikuti "Kursus Relay dan Proteksi" di kota Baden. Kota ini adalah kota industri yang hampir seluruh penduduknya menjadi pegawai perusahaan atau pabrik peralatan listrik,terutama alat pengaman,khususnya relay.Perusahaan itu lebih populer dengan sebutan BBC,Brown Bovery Company.Saya disana mengikuti kursus hampir satu bulan lamanya.Sebagai kunjungan pertama ke luar negeri tentu saja hal ini sangat berkesan dalam hati,karena banyak hal yang harus dipelajari.Namun pendapat yg menyatakan " Malu bertanya sesat di jalan" tetap berlaku.Jadi kesulitan yg saya temui dapat diatasi berkat sifat yg tidak malu bertanya.Saya mengalaminya mulai dari pengurusan pasport dan visa.Pasport diurus di Surabaya,dan visa saya urus di Jakarta.Swiss adalah satu negara yang specifik,penduduknya merupakan campuran dari berbagai bangsa di Eropa,ada yang berlatar belakang Jerman,Perancis,Belanda dan lain sebagainya,sehingga bahasanyapun tidak ada yang dominan.
Kursus semacam ini hampir diadakan setiap tahun oleh BBC,dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara,dimana BBC mempunyai cabang atau perwakilan.Pesertanya tidak saja berlatar belakang S1 dan S2,tetapi juga S3 dalam bidang listrik.Setelah kami selesai mengikuti kursus di kelas,kami juga diberi kesempatan mengunjungi beberapa pabrik,dimana setiap komponen di kerjakan.Setelah pulang ke tanah air,adalah menjadi kewajiban untuk membuat laporan perjalanan dan kesan-kesan selama mengikuti kursus dan hal-hal apa yang bisa diterapkan di PLN.Pensiunan PLN,Ir Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home