Sunday, February 25, 2007

Kunjungan kerja ke Swedia.

Pada tahun 1984 saya mendapat kesempatan lagi untuk berkunjung ke luar negeri,dalam hal ini negara Swedia.Karena saya telah mempunyai pengalaman pertama berkunjung ke luar negeri,yaitu negara Swiss,maka dalam kunjungan kedua ini saya sudah lebih mantap.Pada tahun 1984 saya sedang menjabat Kepala PLN Sektor Kalikonto di Surabaya,sebagai unit dari PLN Wilayah Jawa Timur.Hampir sama dengan kunjungan pertama,kepergian saya ke Swedia adalah dalam rangka mengikuti kursus " Relay dan Proteksi" selama satu bulan juga.Kursus ini diadakan oleh perusahaan alat-alat pengaman listrik,khususnya relay.Perusahaan ini lebih populer dengan sebutan ASEA Company.Kemudian hari diluar dugaan saya,perusahaan ASEA ini merger dengan BBC,dan dikenal sebagai perusahaan ABB,singkatan dari Asea Brown Bovery Company.Saya mengikuti kursus di kota Ludvika,sama dengan kota Baden di Swiss,kota ini adalah kota industri,dan hampir seluruh penduduk kota Ludvika adalah pegawai ASEA Company.Dari materi kursus dan kunjungan ke pabrik,tidak banyak berbeda,hanya ada perbedaan type dan model dari relay yg dihasilkan.Kota Ludvika kemudian saya abadikan menjadi salah satu nama dari putri saya.Karena secara kebetulan,pada saat keberangkatan saya dari Surabaya menuju Jakarta,istri saya sudah merasakan ada tanda-tanda akan melahirkan.Saya masih di Jakarta sudah mendapat khabar,istri saya telah melahirkan putri kami satu-satunya,dan sebagai kenangan karena tidak dapat menungguinya,saya tambahkan nama kota tersebut,jadilah nama lengkapnya Maria Oktofani Ludvika Simarmata.
Berbeda dengan kunjungan saya yang pertama,setelah kursus saya mendapat kesempatan emas untuk mengunjungi beberapa negara Eropa,seperti Belanda,Jerman,Perancis dan Belgia,karena saya berangkat bersama Ir Ria Simatupang,Pemimpin PLN Proyek Induk Jawa Timur.Beliau menyelesaikan S1 nya di Jerman,sehingga tidak mengalami kesulitan soal perjalanan di Eropa. Sama dengan kunjungan pertama,setelah kembali ke tanah air,sayapun membuat laporan.Pensiunan PLN Ir.Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home