Monday, April 14, 2008

Martha Sinaga,Ny.B.Simarmata menjadi Penatua HKBP Kebayoran Selatan.

Tanggal 13 April 2008,tepat pada Minggu Jubilate,Minggu Pengucapan Syukur,Pendeta Resort HKBP Kebayoran Selatan,menabalkan para Calon Sintua (Penatua) sebanyak enam orang,tiga orang dari HKBP Kebayoran Selatan dan tiga orang dari HKBP Daksa,Gereja yang menjadi asuhan (pagaran) HKBP Resort Kebayoran Selatan. Salah satu dari mereka itu adalah istriku,Martha boru Sinaga,menjadi Penatua (HKBP menyebutnya Sintua),HKBP Kebayoran Selatan.Mereka menjalani proses pembelajaran cukup lama,kurang lebih selama dua tahun.Banyak juga kendala yang mereka hadapi.Semula untuk HKBP Kebayoran Selatan ada tujuh orang Calon Sintua,namun dalam proses perjalanan waktu tinggal tiga orang yang menjadi Sintua.Hal yang menjadi kendala atau resistance adalah antara lain tidak adanya dukungan keluarga serta pemahaman yang belum sama tentang arti dan tugas seorang Penatua.Semoga mereka yang terpilih dan telah ditabalkan menjadi Sintua dapat menjalankan tugas dengan baik.Para Keluarga,baik Suami maupun Istri dari para Penatua,semuanya berjanji untuk membantu tugas pasangannya masing-masing.Tugas Penatua menurut saya sangat berat,namun saya juga yakin bahwa Tuhan kita Yesus Kristus akan memberi kekuatan karena ini adalah PermintaanNya.Tanpa KAU ya BAPA,kami tidak ada artinya.AMIN.Ir.Berlin Simarmata MM.

2 Comments:

Blogger Tigor Agustinus Simanjuntak said...

Oh ya Amang selama ditabalkan menjadi Sintua kok jarang hampir mendekati tidak pernah melayani lagi di Gereja HKBP Kebayoran Selatan? Ada apakah gerangan....

8:47 AM  
Blogger Unknown said...

Dalam memilih calon sintua, pesan rasul Paulus pada Timotius dan Titus bisa kita abaikan. Kenapa? Karena:
1. Bukan Paulus yang menebus dosa-dosa kita, melainkan Tuhan Yesus.
2. Bukan Paulus yang merubah dirinya menjadi penginjil, melainkan Tuhan Yesuslah yang merobah Paulus dari pembunuh besar menjadi penginjil besar (Kisah 9).
3. Dalam kitab Injil Matius s/d Yohanes terutama mengenai daftar nama murid-murid Tuhan Yesus, disana tidak ada tertulis: “Yakobus bapaknya si anu, Yohanes bapaknya si anu, Petrus bapaknya si anu, dll”
4. Manakah yang lebih baik: SINTUA DOLIDOLI ATAU DOLIDOLI NARKOBA ON ????
5. Memang benar dolidoli tidak boleh mangulosi dalam acara adat. Cuma adat jangan dibawa-bawa ke gereja ! Gereja itu rumah ibadat, bukan rumah adat.
6. Hakristenon do na mamboan halak Batak tu hamajuon, ndada habatahon na pamajuhon hakristenon. Gariada habatahon i do na mambahen poca HKBP sampai piga hali.

1:41 AM  

Post a Comment

<< Home