Monday, February 26, 2007

Kunjungan kerja ke Perancis.

Pada tahun 1990 saya mendapat kesempatan lagi berkunjung ke luar negeri,tepatnya negara Perancis. Saat itu saya sudah menjabat sebagai Kepala Dinas Pembinaan Pembangkit Hidro di PLN Pusat.Karena ini adalah kunjungan ketiga keluar negeri,maka masalah teknis perjalanan tidak mengalami kesulitan lagi,dan sudah tinggal di Jakarta.Saya berangkat ke Paris adalah juga dalam rangka seminar mengenai pembangkitan,khususnya pembangkitan hidro.Perusahaan yang mengundang kami adalah perusahaan EDF,adalah semacam PLN nya Perancis.Saya berada di Paris hampir sebulan,sama dengan acara-acara terdahulu kami mendapatkan kursus di kelas,dan lalu mengunjungi pabrik peralatan PLTA (Pusat Listrik Tenaga Air),dan juga mengunjungi PLTA yang berada jauh di luar kota.Kunjungan ke luar kota,kami lakukan dengan naik bus parawisata,sambil mengunjungi beberapa pabrik dan beberapa PLTA.Kami menginap satu malam diluar kota,dan kembali ke Paris dengan naik pesawat pada sore hari berikutnya.Untuk kedua kalinya juga saya mengunjungi menara eifel,di pusat kota Paris.Selesai semua acara Seminar,saya kembali ke tanah air,namun saya beruntung,karena mendapat undangan dari perusahaan Zulzer,perusahaan peralatan pembangkit listrik tenaga air di Swiss.Akhirnya dari Paris saya mampir dulu ke Zurich,dan disana sudah ada bantuan akomodasi yang diberikan oleh sipengundang tadi.Setelah di Zurich,Swiss, selama dua hari berkunjung kekantor mereka,akhirnya saya meneruskan perjalanan ke Singapura,dan saya menginap satu malam di Singapura.Besoknya saya langsung menuju Jakarta,dan seperti biasa segera membuat laporan kepada Direksi PLN.Pensiunan PLN,Ir Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home