Friday, March 02, 2007

Kunjungan kerja ke Jepang.

Pada tahun 1998,saya mendapat kesempatan lagi untuk bepergian ke luar negeri,dalam hal ini Jepang.Pada saat ini saya bertugas sebagai Ahli Utama Muda Pembinaan Lingkungan di PLN Pusat.Keberangkatan saya ke Jepang,juga dalam rangka mengikuti sebuah seminar mengenai lingkungan yang tercemar sebagai akibat dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap.Saya berada di Jepang,hampir satu bulan.Saya mengikuti kursus ini,sama dengan yang lain,mengikuti seminar di kelas dan selanjutnya mengikuti kunjungan ke Pusat-Pusat Listrik ,ada yang terdiri dari Tenaga Air,Tenaga Nuklir dan Tenaga Uap sendiri.Jepang sangat bersikukuh soal lingkungan yang bersih,yang dikenal dengan Kyoto Protokol.Saya juga sempat mengunjungi kota Kyoto,serta kantor Kyoto Protokol.Salah satu kesan saya yang paling mendalam selama bepergian di Jepang ini adalah kesempatan mengunjungi tempat-tempat parawisata,dimana kita bisa menyaksikan tempat-tempat budaya mereka dipamerkan.Terlihat dijalan-jalan tidak ada orang-orang berkumpul-kumpul,seperti di negeri kita.Semuanya pada sibuk dengan pekerjaan masing-masing,benar-benar rasanya tidak ada yang menganggur.Kota-kota metropolitannya begitu teratur,termasuk kereta api dibawah tanah.Walaupun bangsa ini sudah sangat maju,namun ciri khas Jepangnya tetaplah menonjol.Saya berangkat dari Jakarta menuju Singapura,dan setelah istirahat sebentar kami meneruskan perjalanan langsung dari Singapura ke Jepang dan kami disana sudah disambut oleh panitia.Kembali dari Jepang,dengan perjalanan sama dengan keberangkatan,langsung membuat laporan mengikuti seminar kepada Direksi PLN.Pensiunan PLN,Ir Berlin Simarmata MM.

2 Comments:

Blogger Unknown said...

my number Tulang
085373982073

9:20 PM  
Blogger Unknown said...

Saya berharap banyak kerjasama dengan Tulang.
maaf mengganggu Tulang. Horas

9:21 PM  

Post a Comment

<< Home