Tuesday, March 06, 2007

Kunjungan kerja ke Thailand.

Menjelang saya pensiun pada tahun 2003,saya mendapat kesempatan mengunjungi Perusahaan Listrik Thailand di Bangkok.Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka study banding,karena PLN akan menerapkan bekerja dalam keadaan bertegangan untuk tegangan tinggi dan ekstra tinggi.PLN sudah lama menerapkan hal ini untuk jaringan 20 kilovolt,oleh PLN Distribusi.Untuk tegangan tinggi dan ekstra tinggi,baru akan kami laksanakan.Saat itu saya menjabat sebagai Kepala Divisi Penyaluran PLN Pusat,lalu ditunjuk sebagai Ketua Tim Pengarah oleh Direksi PLN,sedangkan Tim Pelaksana dijabat oleh Ir Djoko Hastowo selaku Manager Teknik PLN P3B.Sebelum kami berangkat ke Bangkok,kami dalam hal ini Tim Pelaksana dan Tim Pengarah telah terlebih dahulu study banding ke PT Caltex Pekanbaru,karena mereka telah melakukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan untuk 70 kilovolt.Kami di Pekanbaru selama satu minggu,sedangkan di Bangkok selama dua minggu.Kami belajar dulu secara teoritis kembali di kelas,baru kemudian menyaksikannya dilapangan untuk jaringan 500 kilovolt. Selain mengikuti jadwal yang sudah dibuat di Jakarta,sebelum kami berangkat,kami masih mempunyai acara tambahan yaitu mengunjungi berbagai instalasi listrik berupa Pusat Listrik Tenaga Air dan Pusat Pengatur Beban di kota Bangkok.Saya berangkat dari Jakarta dan mampir sebentar di Singapura,langsung ke Bangkok dan kami sudah dipersiapkan akomodasi yang memadai.Menjelang saya pensiun,training telah siap dilakukan dan pada saat saya sudah pensiun,saya ikut menyaksikan para petugas melakukan pekerjaan ini,karena kebetulan saya tinggal di perumahan PLN Gandul.Satu kenangan indah sebelum pensiun,dapat menyumbangkan satu ketrampilan kepada generasi muda PLN.Pensiunan PLN Ir Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home